Penuhi Vitamin D Anak, Cukup Beri Dua Gelas Susu Sehari

Berapa banyak konsumsi susu yang anak Anda dapatkan setiap hari? Tidak perlu memberikan susu berlebihan kepada anak Anda. Cukup dua gelas setiap hari sebagai pelengkap asupan nutrisinya.

Banyak orang tua yang mungkin bertanya tentang berapa banyak jumlah konsumsi susu untuk anak-anak mereka, khususnya untuk balita. Bahkan tak jarang bahwa banyak orang tua pada zaman sekarang justru mengira bahwa semakin banyak anak-anak mengonsumsi susu, itu semakin baik. Faktanya, justru dua gelas susu sapi per hari sudah cukup untuk asupan vitamin D yang disarankan untuk anak-anak. Para peneliti menemukan adanya kenaikan vitamin D dalam darah anak yang mengonsumsi susu, tetapi juga mengalami penurunan kadar zat besi. Para peneliti menyimpulkan bahwa dua gelas susu sapi per hari sudah cukup untuk menjaga kadar vitamin D dalam darah anak-anak, demikian yang dilansir Health24.

Para peneliti mengamati 311 anak dari usia satu hingga dua tahun di Toronto, Kanada antara tahun 2008 dan 2010. Mereka mengambil sampel darah dari 311 anak-anak tersebut. Para peneliti menemukan bahwa dalam satu cangkir (250 ml) susu yang dikonsumsi anak-anak, mereka mengalami kenaikan 5 nmol/ L vitamin D dalam darahnya, dan mengalami sedikit penurunan kadar zat besi.

The Canadian Pediatric Society merekomendasikan para orangtua untuk memberikan asupan susu cukup dua gelas sehari. Manfaatnya, dua gelas susu tersebut dapat memertahankan tingkat vitamin D dalam darah mereka setidaknya 75 nmol / L, juga memertahankan jumlah zat besi yang aman dalam tubuh. Vitamin D ini bisa diperoleh tidak hanya melalui susu, tetapi juga dapat diperoleh dari konsumsi sereal, biji-bijian dan makanan lainnya.

Jadi janganlah anda terlalu banyak memberikan susu kepada anak-anak balita anda, karena itu justru dapat membahayakan anak-anak anda. Karena kekurangan zat besi dalam kadar yang tinggi justru akan membahayakan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Cari lah alternatif agar anda dapat mengatur jumlah konsumsi susu anak-anak anda.

Artikel lain yang sering dibaca pengunjung:

Leave a Comment


*


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>